• Deni Fastindo

Stainless Steel : Pengertian dan Keunggulannya

Diperbarui: Mei 15

Stainless steel merupakan jenis bahan material yang terbuat dari logam dan paling banyak digunakan untuk hampir semua kebutuhan manusia. Baik untuk konstruksi dan pembangunan, pembuatan furniture, pembuatan alat-alat, hingga bahan dasar semua alat kedokteran.

Karena sesuai dengan namanya, benda ini merupakan satu-satunya jenis logam yang tidak bisa terkena karat atau korosi secara alami. Sehingga daya tahannya jauh lebih lama dibandingkan dengan logam lain seperti baja atau aluminium.

baut stainless

Dan karena hal itu pula, alat kedokteran yang digunakan dari stainless steel aman bila terkena organ di dalam tubuh secara langsung. Karena tidak ada kuman dari karat yang bisa menyebabkan tetanus ataupun mengundang berbagai macam penyakit lainnya.

Pengertian dari Stainless Steel


Dalam bahasa Inggris, kata "stainless" artinya tidak bisa berkarat, sedangkan "steel" artinya adalah logam atau besi. Jadi secara bahasa, stainless steel adalah sebuah logam atau besi yang tidak bisa berkarat.

Dikutip dari situs Unified Alloys, stainless steel merupakan sebuah bahan yang terbuat dari paduan kromium dan logam. Untuk membuat bahan stainless, dibutuhkan minimal 10,5% kandungan kromium di dalamnya. Rasio antara kromium dan logam yang dibutuhkan juga bisa berbeda, tergantung dari jenis logam yang digunakan dan kualitasnya.

Biasanya, proses pembuatan bahan stainless juga membutuhkan bahan-bahan bantuan yang lain. Misalnya:

  • Silikon

  • Perak

  • Sulfur

  • Nitrogen

  • Molybdenum

  • Manganese

  • Nikel

  • Karbon

Semua bahan tersebut kemudian dicampur berdasarkan rasio dan perbandingan masing-masing agar bisa menciptakan reaksi kimia tertentu. Reaksi kimia tersebutlah yang menciptakan sebuah besi yang tidak bisa terkena karat meskipun disimpan di luar ruangan dan terkena panas dan hujan setiap hari.

Proses pembuatannya yang cukup panjang dan memakan waktu lama membuat bahan stainless dijual dengan harga tinggi. Tetapi permintaan akan bahan ini juga sangat banyak di seluruh dunia.

Kenapa Bahan Stainless Steel Tidak Bisa Berkarat


Seperti yang sudah disinggung tadi, alasan bahan logam stainless tidak bisa berkarat adalah karena adanya reaksi kimia tertentu. Dengan lebih dari 10% kandungan di dalam bahan tersebut terdiri dari kromium, maka terbentuklah sebuah lapisan oxide pada permukaan logam yang melindungi dari karat.

Selain itu, terdapat juga kandungan NiKrom atau Nickel-Chromium yang sangat sulit melarutkan asam dan membuat permukaan besi tidak mudah teroksidasi.

Logam Stainless Steel sendiri sebenarnya tidak 100% tahan karat atau tidak bisa terkena karat sama sekali. Karena dikutip dari situs Aperam, lapisan chromium oxide yang terbentuk di permukaan logam tersebut sebenarnya akan terkena karat pua. Namun lapisan ini memiliki kemampuan unik dimana mereka bisa meregenerasi atom sendiri dan memperbaiki permukaan logam yang terkena karat.


Baca juga : Zinc Plating sebagai metode untuk mencegah korosi


Keunggulan Menggunakan bahan Stainless Steel selain Tidak Mudah Karat


Sebenarnya, masih ada banyak lagi keunggulan menggunakan bahan dari stainless selain karena logam ini tidak bisa terkena korosi. Di antaranya:

1. Tahan Suhu Panas dan Dingin


Ada banyak mesin dan elektronik yang juga menggunakan bahan logam stainless dalam membuat komponennya. Hal ini dikarenakan logam stainless bisa bertahan di suhu yang sangat tinggi maupun sangat rendah.

Mesin yang dibuat dengan stainless steel bisa bertahan dengan suhu paling tinggi di angka 870° celcius dan suhu paling rendah di angka -196° celcius.

baut tahan karat

2. Mudah Didaur Ulang


Logam stainless juga merupakan jenis bahan yang ramah lingkungan. Sebab bahan ini bisa bertahan selama puluhan tahun tanpa perlu diganti. Kalaupun rusak, besi stainless juga bisa didaur ulang dengan mudah dan dibuat sebagai bahan logam yang baru.

Penggunaan bahan stainless juga membuat penggunaan besi murni jadi lebih sedikit. Dengan begitu pertambangan besi dan logam yang berdampak buruk untuk lingkungan bisa dikurangi.

3. Mudah Dibersihkan


Keunggulan menggunakan bahan stainless steel yang berikutnya adalah sangar mudah untuk dibersihkan. Karena seperti yang sudah dikatakan tadi, jenis logam ini tidak akan berkarat meskipun terkena air berkali-kali. Bahkan logam stainless bisa dicuci menggunakan sabun yang sifatnya basa.

Alat-alat kesehatan yang dibuat dari logam stainless juga bisa dicuci dengan menggunakan alkohol. Hal ini dilakukan untuk membunuh kuman di permukaan logam tersebut setelah disentuh oleh tangan manusia.

4. Multifungsi


Keunggulan logam stainless steel yang terakhir adalah multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Mulai untuk medis, teknologi, konstruksi, maupun untuk diterbangkan ke luar angkasa.

Sebab logam stainless memiliki tingkat fleksibilitas yang cukup agar mudah dibentuk, serta punya kekerasan yang cukup agar tidak mudah patah. Dan seperti yang sudah dikatakan tadi, bahan stainless juga tahan terhadap suhu ekstrem dan tidak mudah berkarat

Seperti itulah penjelasan mengenai stainless steel beserta keunggulan dan kegunaannya. Harga logam stainless ini mungkin agak mahal, namun bisa menjadi pilihan terbaik jika Anda ingin konstruksi yang tahan selama berpuluh-puluh tahun.


Kebutuhan Baut Stainless


PT. Fastindo Jaya Abadi menyediakan aneka Baut Stainless untuk segala kebutuhan proyek ataupun konstruksi. Kami melayani pembelian secara eceran ataupun jumlah banyak. Silahkan mennghubungi kami melalui situs ini atau anda dapat menggunakan marketplace seperti tokopedia untuk menemukan kami.


5 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua
contact fastindo jaya abadi